Senin, 27 April 2015

KONSEP DASAR KESEHATAN KERJA

Sumber Gambar: Google

Kesehatan kerja merupakan bagian dari kesehatan masyarakat atau aplikasi kesehatan masyarakat dalam suatu masyarakat pekerja dan masyarakat di lingkungan sekitar kerja. Kesehatan kerja bertujuan untuk memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya, baik fisik, mental dan sosial bagi masyakarakat baik yang menjadi pekerja maupun masyarakat di sekitar lingkungan kerja yang bukan pekerja melalui usaha promotif, preventif dan kuratif terhadap berbagai penyakit atau gangguan kesehatan akibat kerja dan lingkungan kerja. Kesehatan kerja ini merupakan terjemahan dari occupational health yang cenderung diartikan sebagai lapangan kesehatan yang mengkaji masalah kesehatan secara menyeluruh bagi masyarakat pekerja. Menyeluruh berarti didalamnya terdapat usaha promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, higienis, penyesuaian faktor manusia dengan pekerjaannya dan lain sebagainya.


Hakikat kesehatan kerja mencakup dua hal, yakni: pertama, sebagai alat untuk mencapai derajat kesehatan tenaga kerja yang setinggi-tingginya dan kedua, sebagai alat untuk meningkatkan produksi yang berlandaskan kepada meningkatnya efisiensi dan produktivitas kerja (Sumakmur, 1991). Tenaga kerja yang dimaksud meliputi buruh, karyawan, petani, nelayan, pekerja-pekerja sektor nonformal, pegawai negeri dan sebagainya.

Apabila kedua prinsip tersebut dijabarkan ke dalam bentuk operasional, maka tujuan utama kesehatan kerja adalah sebagai berikut:

  1. Pencegahan dan pemberantasan penyakit dan kecelakaan akibat kerja.
  2. Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan dan gizi tenaga kerja.
  3. Perawatan dan mempertinggi efisiensi dan produktivitas tenaga kerja.
  4. Pemberantasan kelelahan kerja dan meningkatkan kemauan untuk bekerja.
  5. Perlindungan bagi masyarakat sekitar lingkungan kerja yang bukan pekerja agar terhindar dari bahaya pencemaran yang mungkin ditimbulkan oleh suatu perusahaan.
  6. Perlindungan masyarakat luas dari bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh produk perusahaan.

Tujuan akhir dari kesehatan kerja adalah untuk menciptakan tenaga kerja yang sehat dan produktif. Tujuan tersebut dapat tercapai jika didukung oleh lingkungan kerja yang memenuhi syarat kesehatan. Lingkungan kerja yang mendukung terciptanya tenaga kerja yang sehat dan produktif antara lain: suhu ruangan yang nyaman, penerangan atau pencahayaan yang cukup, bebas dari debu, sikap badan yang baik, alat-alat kerja yang sesuai dengan ukuran tubuh atau anggotanya (ergonomic) dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar