Rabu, 24 Juli 2013

PENGERTIAN KESEHATAN MASYARAKAT

Sumber Gambar: Google

Beberapa orang mungkin belum akrab dengan bidang Kesehatan Masyarakat. Maklum saja, karena Kesehatan Masyarakat di Indonesia dapat dibilang belum terlalu populer. Untuk itu, beberapa definisi dan pengertian yang dituliskan berikut ini mungkin dapat membantu Anda dalam mengenal apa itu Kesehatan Masyarakat.

Menurut WHO (World Health Organization
Public Health refers to all organized measures whether public or private to prevent disease, promote health, and prolong life among the population as a whole.
Sesuai dengan pengertian diatas, dapat dikatakan bahwa kegiatan Kesehatan Masyarakat fokus pada pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, serta memperpanjang usia hidup. Kegiatannya bertujuan untuk menyediakan kondisi dimana orang bisa sehat. Sasaran daripada Kesehatan Masyarakat yaitu seluruh populasi, bukan pada individu, pasien atau penyakit seperti ilmu kedokteran.

Menurut Winslow (1920)
Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui usaha pengorganisasian masyarakat untuk perbaikan sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, pendidikan untuk kebersihan perorangan (personal hygiene), pengorganisasian pelayanan kesehatan dan perawatan untuk diagnosis dini serta pengobatan, pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara kesehatannya. Pengorganisasian masyarakat dalam rangka mencapai tiga tujuan Kesehatan Masyarakat memiliki arti bahwa potensi atau sumber daya yang ada didalam masyarakat dihimpun sedemikian rupa untuk dapat melakukan upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif kesehatan mereka sendiri.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Kesehatan Masyarakat yaitu paduan antara ilmu dan seni yang bertujuan untuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan dan memperpanjang usia hidup yang dilakukan melalui upaya preventif dan promotif dengan sasaran populasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar